Ketahui Jenis-jenis Asuransi Kesehatan yang Ada di Indonesia

Posted on

Asuransi kesehatan memang sangat penting. Namun, asuransi kesehatan apa saja? Nyatanya masih banyak orang yang belum mengetahuinya.

Semua hal yang akan terjadi di masa depan memang selalu menjadi misteri. Tidak ada tahu apakah dirinya akan bernasib baik atau buruk di kemudian hari. Oleh karena itu, lebih baik kita mempersiapkan diri sebaik mungkin untuk menerima nasib baik maupun buruk tersebut.

Salah satu hal yang tidak pernah terduga adalah kesehatan. Sudah pasti tidak ada yang mau sakit, tetapi hal tersebut juga tidak bisa terelakkan lagi. Untuk mempersiapkan diri, sebaiknya Anda memiliki asuransi kesehatan.

Asuransi Kesehatan Apa Saja
pixabay.com

Mengenal Asuransi Kesehatan Apa Saja?

Asuransi kesehatan merupakan merupakan sebuah produk finansial. Fungsi dari asuransi kesehatan ini pastinya sebagai proteksi atau perlindungan kesehatan bagi para pemegang polis.

Produk asuransi ini bahkan sudah cukup asing di telinga masyarakat Indonesia. Asuransi kesehatan menjadi salah satu produk asuransi yang wajib dimiliki oleh setiap masyarakat. Indonesia sendiri kini mengadakan asuransi kesehatan untuk para warganya, yaitu BPJS.

Namun demikian, ada banyak asuransi kesehatan lainnya yang menawarkan pelayanan lebih baik. Asuransi nantinya dapat mengganti pengeluaran medis akibat sakit atau terluka dan jug membeli obat-obatan untuk proses penyembuhan.

Seluruh biaya dalam proses pengobatan tersebut akan diganti sebagian atau seluruhnya selama Anda memiliki asuransi kesehatan. Besaran biaya yang akan ditanggung dan layanan yang diberikan oleh asuransi kesehatan akan berbeda-beda, tergantung manfaat yang tertera pada polis pilihan Anda.

Setelah mengetahui pengertiannya, maka Anda bisa memahami asuransi kesehatan apa saja yang bisa digunakan. Inilah beberapa jenis-jenis asuransi kesehatan untuk Anda yang baru ingin membuatnya.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Perawatannya

Jenis asuransi kesehatan pertama adalah asuransi yang dibedakan dari perawatannya. Di Indonesia sendiri, tipe perawatan yang sering dipilih oleh para peserta asuransi adalah asuransi kesehatan rawat inap (in-Patient) dan juga rawat jalan (Out-Patient Treatment).

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Biaya yang Ditanggung

Kemudian asuransi kesehatan juga terbagi lagi berdasarkan biaya yang ditanggung. Jenis biaya yang akan ditanggung peserta yaitu:

  • Biaya atas rawat inap: biaya ini biasanya digunakan untuk menanggung semua biaya berdasarkan fasilitas rawat inap, misalnya seperti rumah sakit, biaya dokter umum dan spesialis, biaya perawatan harian, pembedaan, dan jaga biaya lainnya yang masih berhubungan dengan rawat inap.
  • Asuransi biaya atas rawat jalan:seperti namanya, biaya ini digunakan untuk menanggung biaya pembedahan pulang harian, biaya pemeriksaan, biaya rawat jalan, dan seluruh biaya lainnya yang masih berhubungan dengan rawat jalan.
  • Biaya atas manfaat khusus: biaya atas manfaat khusus ini seperti biaya kendaraan ambulans, biaya laporan medis, biaya berbagai alat medis seperti kursi roda, tongkat, dan lain sebagainya.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Pihak yang Ditanggung

Jenis asuransi kesehatan apa saja yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah berdasarkan pihak yang ditanggung. Asuransi kesehatan jenis ini dilihat berdasarkan pihak yang ditanggung.

Seperti yang kita tahu, asuransi kesehatan dapat digunakan oleh individu maupun kelompok. Semakin banyak orang yang mendapatkan perlindungan asuransi, maka akan semakin tinggi juga premi yang harus dibayar penanggung.

Tidak hanya itu, asuransi kesehatan juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing penanggung. Jika kamu merupakan seorang karyawan perusahaan, mungkin diwajibkan untuk mengikuti polis asuransi kesehatan yang ditetapkan kantor dengan pembayaran melalui potongan gaji.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Jenis Pembayaran Klaim

Jenis asuransi kesehatan apa saja berikutnya adalah berdasarkan dari klaimnya. Terdapat dua tipe pembayaran asuransi kesehatan, yaitu:

  1. Cashless: artinya pembayaran ini diklaim di muka. Pada jenis asuransi kesehatan ini, biasanya Anda akan mendapatkan sebuah kartu. Kartu tersebut dapat Anda gunakan ketika menjalani perawatan ke rumah sakit rekanan sehingga tidak perlu membayar biaya perawatan.
  2. Reimburse: Artinya Anda akan membayar seluruh biaya perawatan di muka dengan uang pribadi terlebih dahulu, baru setelah itu mengajukan penggantian biaya setelah dari rumah sakit.

Asuransi Kesehatan Berdasarkan Badan Penyelenggara

Di Indonesia terdapat dua jenis asuransi berdasarkan badan penyelenggaranya, yaitu swasta dan pemerintah. Contoh asuransi kesehatan pemerintah adalah BPJS. Untuk asuransi swasta sendiri terdiri dari berbagai pilihan dengan keunggulannya masing-masing.

Setelah mengetahui asuransi kesehatan apa saja jenisnya, Anda bisa memilih berdasarkan kebutuhan pribadi. Jadi, Anda pilih jenis asuransi kesehatan yang mana untuk masa depan?