Pengertian Asuransi Kesehatan Syariah, Berikut Penjelasannya

Posted on

Asuransi kesehatan syariah adalah program proteksi baik kerugian maupun jiwa yang seluruh aktivitas operasionalnya wajib berdasarkan aturan sesuai dengan kaidah syariat Islam.

Alasan kenapa masyarakat untuk membeli asuransi yakni guna melindungi diri dari risiko kesehatan yang pastinya akan terjadi di masa datang. Kesehatan yang telah Anda jaga akan menurun seiringnya dengan bertambah usia.

Apalagi kemungkinan risiko kecelakaan dan kesehatan tidak bisa Anda prediksi. Maka membuat asuransi merupakan langkah terbaik guna melakukan proteksi kesehatan sejak dini.

Sekarang ini banyak perusahaan asuransi yang fokus pada asuransi kesehatan, terutama asuransi kesehatan syariah. Dalam artikel kali ini akan mengulas mengenai pengertian dan seluk beluk dari asuransi kesehatan syariah dengan detail.

Asuransi kesehatan adalah

Pengertian Asuransi Kesehatan Syariah

Asuransi kesehatan syariah adalah asuransi yang menjamin risiko kesehatan dan pertanggungan biaya perobatan dunia dengan cara menggunakan prinsip syariah dalam penentuan premi serta proses klaimnya.

Prinsip asuransi syariah syariah adalah ada dua akad, yaitu akad tijarah beserta semua bentuk kerjasama dilakukan guna tujuan komersial. Sedangkan akad kedua yaitu tabarru’ yang berarti semua kerjasama dilakukan dengan tujuan tolong menolong serta kebaikan.

Jadi dari landasan ini, maka semua produk asuransi syariah termasuk asuransi kesehatan syariah menggunakan dua prinsip bebas dari perhitungan riba. Perlu Anda ketahui juga, asuransi kesehatan syariah ini juga termasuk produk dari asuransi jiwa.

Sebab pada dasarnya, dua kategori utama asuransi adalah asuransi jiwa dan asuransi umum. Produk berada di bawah kategori asuransi jiwa adalah asuransi kesehatan, asuransi sakit kritis, dna asuransi jiwa itu sendiri.

Manfaat Asuransi Kesehatan Syariah

Dalam penerapannya, asuransi syariah merupakan salah satu jenis bisnis mengutamakan keadilan. Hal ini, terjadi sebab pihak yang melakukan investasi akan mendapatkan imbalan sama. Bukan hanya itu saja, manfaat lain didapatkan dari asuransi kesehatan syariah adalah:

  • Tidak adanya dana hangus sebab semua biaya premi telah dibayarkan selama masa pertanggungan akan dikembalikan setelah masa pertanggungan berakhir.
  • Terjaganya transparansi dalam pengelolaan perusahaan, sebab setiap peserta mempunyai hak milik atas dana telah disetorkan ke dalam perusahaan asuransi syariah.
  • Tidak ada riba, sebab dana investasi jelas penggunanya serta terawasi oleh Dewan Syariah Nasional.
  • Mendapatkan arahan dan pengawasan dari pemerintah serta Dewan Syariah Nasional agar terjaga kehalalan sesuai dengan iklim ekonomi Indonesia.
  • Keuntungan tetap, meskipun peserta tidak mampu membayar premi bulanan serta akan tetap mendapatkan manfaat sama seperti peserta lain.
  • Adanya kemungkinan double claim guna pembiayaan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS atau pihak asuransi dari perusahaan lain.

Tujuan Asuransi Kesehatan Syariah

Pemerintah telah menyetujui adanya asuransi syariah dengan peraturan jelas dan pengawasan ketat. Hukum asuransi syariah diperbolehkan berdasarkan Fatwa MUI, asalkan dijalankan sesuai dengan prinsip dan syariat Islam.

Tentu adanya asuransi kesehatan syariah adalah memiliki tujuan saling melindungi dan menolong antara pemegang polis asuransi. Upaya itu akan tercipta dengan adanya dana peserta asuransi yang dikelola oleh perusahaan serta akan dikembalikan sesuai dengan perjanjian.

Ciri-Ciri Asuransi Kesehatan Syariah Terbaik

Anda perlu waspada terhadap asuransi kesehatan syariah yang belum tentu terjadi kredibilitasnya. Setidaknya pahami dulu ciri-ciri asuransi kesehatan syariah terbaik.

1. Uang Pertanggungan Asuransi Besar

Salah satu ciri perusahaan asuransi kesehatan syariah adalah mempunyai jaminan keuangan stabil. Besaran klaim besar akan memberikan kepercayaan serta potensi keuntungan bagi peserta polis.

2. Kemudahan Pendaftaran dan Proses Klaim

Perusahaan asuransi syariah terbaik akan memudahkan calon peserta guna mendaftar. Pelayanan yang baik awal menjadi bukti bahwa perusahaan tersebut mempunyai komitmen kuat guna bekerja sama dengan peserta asuransi.

Bukan hanya itu proses klaim mudah dan cepat menjadi bentuk tanggung jawab yang ditekankan pada prinsip dasar perusahaan asuransi syariah.

3. Kontribusi Asuransi Terjangkau

Jadi dengan besaran kontribusi terjangkau akan membuat para peserta tidak merasa berat dalam mengetahui skema kontribusi telah didapatkan oleh suatu perusahaan asuransi syariah. Sesuai dengan konsep awal, asuransi syariah tidak boleh merugikan salah satu pihak.

Asuransi kesehatan syariah adalah jenis asuransi yang harus Anda miliki guna menjamin masa depan cerah. Kini sudah tahu bukan pengertian dan seluk beluk dari asuransi kesehatan syariah.