7 Deretan Asuransi Jiwa Milik Pemerintah yang Ada di Indonesia!

Posted on

Asuransi jiwa milik pemerintah merupakan perusahaan yang dimiliki dan dikelola pemerintah atau BUMN. Hal tersebut sesuai dengan namanya yakni Badan Usaha Milik Negara (BUMN).

Dahulu, nama perusahaan yang satu ini dikenal dengan sebutan PN atau Perusahaan Negara. Sekarang ini BUMN sudah sangat berkembang, hal ini terkait banyaknya BUMN yang bergerak di berbagai bidang.

Salah satu yaitu bidang asuransi. Asuransi pemerintah Indonesia sangat banyak sekali daftarnya. Dimana setiap produk asuransi akan membantu serta memudahkan masyarakat Indonesia.

Asuransi pemerintah atau BUMN menjadi alternatif pilihan bagi masyarakat yang hendak ingin membeli produk perlindungan diri. Setiap produk asuransi ini mempunyai manfaat, fungsi, dan keuntungan tersendiri bagi para penggunanya.Asuransi Jiwa Pemerintah

Sekilas Mengenai Asuransi Jiwa Milik Pemerintah di Indonesia

Asuransi jiwa pemerintah adalah asuransi jiwa milik pemerintah. Bukan hanya itu saja, pemerintah juga yang mengelola asuransi tersebut tentunya di bawah naungan Badan Usaha Milik Negara atau yang dikenal dengan BUMN.

Keberadaan asuransi jiwa pemerintah ini semakin melengkapi produk dan layanan asuransi Indonesia. Artinya, masyarakat baik individu atau kelompok mempunyai lebih banyak pilihan dalam hal asuransi.

Jadi dengan begitu, mereka bisa menentukan pilihan terbaik yang mampu memenuhi kebutuhan masing-masing. Artikel kali ini akan memberikan deretan daftar asuransi pemerintah yang ada di Indonesia.

1. Perum Jamkrindo

Asuransi pertama ada Perum Jamkrindo atau Jaminan Kredit Indonesia. Asuransi ini adalah asuransi perusahaan asuransi milik negara yang memberikan jaminan berupa kredit kepada masyarakat hendak mengajukan pinjaman.

Jika melirik sejarahnya, Perum Jamkrindo ini sudah ada sejak tahun 1970. Dahulu perusahaan ini bernama Lembaga Jaminan Memberikan Koperasi (LKK). Namun dengan seiringnya waktu berganti nama menjadi Perusahaan Pengembagan Keuangan Koperasi (Perum PKK).

Beberapa tahun kemudian, Perum PKKK beralih fokus dan tidak memberikan pinjaman langsung ke pemilik usaha UMKM dengan pola bagi hasil. Perum tersebut hanya fokus pada jaminan kredit UMKM saja.

Sehingga kembali berganti nama menjadi Perum Jamkrindo sampai sekarang ini. Perlu Anda ketahui. Bahwasanya asuransi ini merupakan pihak yang menjadi penghubung antara pemilik UMKM dengan lembaga keuangan bank atau non bank.

Jadi dengan demikian, pemilik UMKM lebih mudah guna mendapatkan kredit sebagai modal maupun KPR.

2. Asuransi Ekspor Indonesia

Perusahaan asuransi pemerintah kedua ada Asuransi Ekspor Indonesia atau ASEI. Perusahaan ini memberikan perlindungan keuangan atas risiko terjadi saat gagal melunasi pembayaran ekspor atau pinjaman kredit.

ASEI ini berdiri pada tahun 1985 sebagai bentuk usaha pemerintah guna mendorong meningkatkan ekspor non migas di negara Indonesia.

3. Jasa Raharja

Jasa Raharja merupakan perusahaan asuransi milik negara yang memberikan asuransi berupa tabungan atas risiko kecelakaan lalu lintas dan dana pertanggungan wajib kecelakan penumpang.

Perusahaan ini diketahui sudah ada sejak penjajahan Belanda dan dinasionalisasikan tahun 1958. Kemudian pada tahun 1965, terdapat asuransi versi Jasa Raharja hanya fokus pada program asuransi kecelakaan penumpang dan lalu lintas saja.

4. Aksrindo

Asuransi pemerintah juga ada Askrindo atau Asuransi Kredit Indonesia. Asuransi ini memberikan layanan penjaminan atas kredit dana asuransi umum.

Dalam asuransi ini mempunyai manfaat penjaminan mencakup asuransi kredit serbaguna seperti pinjaman KUR, asuransi kredit perdagangan,  dan lain sebagainya. Sedangkan guna asuransi umum terdiri atas asuransi kecelakaan diri, kebakaran, konstruksi, dan sebagainya.

5. Jasindo

Jasindo (Asuransi Jasa Indonesia) dinasionalisasikan tahun 1972.  Awalnya merupakan perusahaan asuransi yang dimiliki oleh Belanda dan Inggris. Produk asuransi ini terbagi atas dua jenis yakni ritel dan korporasi.

Asuransi ritel memberikan proteksi pada bidang kesehatan, pendidikan, agrikultur, kebakaran, dan lain sebagainya. Sedangkan asuransi korporasi terdiri atas asuransi kebakaran, kecelakan, keuangan, dan lain sebagainya.

6. Taspen

Asuransi Taspen atau Asuransi Pegawai Negeri adalah asuransi BUMN yang memberikan manfaat dan peran berupa tabungan hari tua serta dana pensium kepada para ASN serta pejabat negara.

7. PT. Asabri

Asuransi terakhir ada Asuransi Sosial Angkatan Bersenjata Republik Indonesia. Asuransi ini akan memberikan manfaat berupa pembayaran dana pensiun untuk prajurit TNI, anggota Polri, dan PNS bertugas di kementerian Pertahanan dan Polri. Asabri sendiri sudah berdiri sejak Agustus 1971 yang sahamnya 100% dimiliki oleh pemerintah.

Sekarang sudah tahu deretan dan daftar asuransi jiwa milik pemerintah yang ada di Indonesia beserta penjelasan masing-masing. Kini giliran Anda ingin memilih perusahaan yang aman.