Pengertian Asuransi Jiwa Seumur Hidup, Jaminan Masa Depan

Posted on

Asuransi jiwa seumur hidup adalah jenis asuransi yang memberikan perlindungan kepada para pesertanya seumur hidup atau maksimal hingga usia 100 tahun. Tidak ada kehidupan tanpa adanya resiko.

Atas dasar inilah manusia perlu mempersiapkan diri secara baik. Salah satu persiapan yang banyak orang lakukan yakni membeli asuransi. Membeli asuransi ini mempunyai tujuan untuk mendapatkan perlindungan ketika terjadi risiko seperti kecelakan, sakit, kehilangan, dan lain sebagainya.

Salah satu yakni dengan asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi jenis ini tentu memiliki banyak manfaat dan fungsi tersendiri bagi Anda. Mungkin bagi sebagian orang juga sudah tidak asing dengan istilah “asuransi jiwa”. Menarikanya lagi asuransi jiwa juga hadir dengan polis asuransi jiwa seumur hidup.

Asuransi Jiwa Seumur Hidup Adalah

Asuransi Jiwa Seumur Hidup Adalah?

Asuransi jiwa seumur hidup adalah asuransi yang memberikan perlindungan jiwa, asuransi ini juga dikenal dengan while life insurance. Polis asuransi jiwa seumur hidup ini berlakuĀ  seumur hidup atau sampai tertanggung hidup.

Asuransi jiwa seumur hidup sebagai polis santunan pada umur seratus tahun, dimana perlindungan yang diberikan yaitu selama tertanggung hidup. Namun, beberapa perusahaan mungkin menerapkan persyaratan berbeda, maksimal asuransi jiwa seumur hidup berlaku hingga peserta berusia 90 atau 99 tahun.

Maka dari itu, Anda harus memastikan hal itu sebelum memilih produk asuransi jiwa seumur hidup. Asuransi jiwa seumur hidup dinilai lebih tepat diikuti oleh peserta berusia sekitar 40 tahun keatas.

Karena asuransi ini berfokus memberikan perlindungan jika terjadi risiko meninggal dunia atau si tertanggung ingin meninggalkan warisan kepada ahli warisnya.

Bukan hanya itu, asuransi ini bisa Anda jadikan sebagai dana pendidikan, dana pensiun, dan masih banyak lagi. Dari nilai tunai yang diakumulasikan dan ditetapkan sebagai tujuan pada awal pada assar mengajukan asuransi ini.

Jenis Produk Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Setelah menjelaskan mengenai pengertian dari asuransi jiwa seumur hidup, selanjutnya akan membahas jenis-jenis produk dari asuransi ini. Untuk Anda yang belum tahu apa saja jenis asuransi jiwa seumur hidup. Mari baca dan simak berikut ini.

1.Asuransi Jiwa Langsung (Straight Life Policy)

Asuransi jiwa langsung merupakan asuransi yang mengharuskan tertanggung atau nasabah asuransi membayar premi asuransi jiwa hingga ia meninggal dunia atau usia 99 tahun. Jadi dengan demikian, nilai tunai bisa mereka dapatkan setara dengan uang pertanggungan saat peserta usia 99 tahun.

Apabila tertanggung masih hidup hingga masa asuransi berakhir. Mereka bisa mencairkan manfaat nilai uang tunai sudah terkumpul dari awal pembelian asuransi.

2.Polis Tidak Berpartisipasi

Pada polis ini, jika pihak tertanggung meninggal dunia. Makalah ahli waris akan mendapat uang pertanggungan dasar dengan jumlah terbatas. Tidak ada unsur bonus dari perusahaan asuransi. Namun hanya sebatas premi yang dibayarkan saja.

3.Polis Jiwa Seumur Hidup Pembayaran Terbatas

Jenis polis ini untuk orang ingin mempunyai proteksi seumur hidup. Namun tidak ingin membayar premi seumur hidup. Jadi dengan kata lain premi bisa dibayar dalam jangka waktu tertentu atau hingga peserta mencapai usia tertentu. Kendati begitu, perlindungan asuransi akan tetap berlanjut seumur hidup. Sehingga pembayaran premi bisa dilaksanakan dalam tempo lebih singkat.

4.Polis Berpartisipasi

Polis berpartisipasi menggunakan perusahaan asuransi guna berbagai keuangan dengan peserta. Namun dengan catatan ada tambahan premi. Sehingga peserta akan menerima bonus tambahan setiap tahun. Jumlah besarnya bonus tidak bisa Anda jamin secara pasti. Sebab tergantung dari keuangan perusahaan asuransi.

Kelebihan Asuransi Jiwa Seumur Hidup

Sekarang memang terdapat banyak produk asuransi jiwa yang menawarkan pertanggungan seumur hidup atau sesuai usia maksimal. Jika tidak ingin mersa kecewa setelah mengambil keputusan, sebaiknya cek terlebih dahulu kelebihan dari asuransi tersebut.

Demikian, peserta asuransi bisa memperoleh manfaat secara maksimal dari jenis asuransi yang dipilih. Jangan sampai ternyata keputusan telah Anda ambil terasa memberatkan dan tidak memberi manfaat seperti tujuan awal.

Untuk asuransi jiwa seumur hidup mempunyai kelebihan banyak antara lain premi tetap, premi bisa Anda kembalikan, serta premi yang dibayarkan secara fleksibel.

Asuransi jiwa seumur hidup adalah asuransi harus Anda beli dan miliki agar bisa mengurangi risiko terjadi di masa datang. Anda sudah tahu mengenai seputar informasi asuransi jiwa seumur hidup mulai dari pengertian, kelebihan, hingga jenis asuransinya. Sehingga, referensi tersebut bisa menjadi pertimbangan ketika Anda hendak membeli produk asuransi jiwa satu ini.