7 Jenis Asuransi Syariah di Indonesia untuk Anda Ketahui

Posted on

Terdapat banyak jenis asuransi syariah di Indonesia yang perlu Anda ketahui. Pasalnya asuransi merupakan suatu hal wajib untuk Anda miliki. Salah satu produk keuangan tersebut bisa menjadi pelindung bagi Anda serta keluarga dari bahaya kerugian finansial yang dapat terjadi kapan saja.

Produk dari asuransi sendiri juga beragam. Meskipun untuk secara umumnya hanya dibagi menjadi dua produk saja, antara lain produk asuransi konvensional serta produk syariah. Dengan begitu, berikut ini ulasan yang membahas mengenai produk asuransi syariah. Simak penjelasan lebih lanjutnya.

7 Jenis Asuransi Syariah di Indonesia Penting Anda Ketahui
freepik.com

Jenis Asuransi Syariah di Indonesia

Asuransi syariah di Indonesia sendiri banyak menjadi pilihan. Hal itu dikarenakan sebagian besar penduduknya merupakan umat Islam. Lantas apa itu asuransi syariah? Adapun perbedaan yang utama dari kedua produk keuangan tersebut yaitu terletak pada prinsip serta akadnya.

Sesuai dengan Fatwa DSN MUI Nomor 21/DSN-MUI/X/2001, asuransi syariah merupakan usaha yang saling melindungi serta tolong menolong di antara banyak pihak atau orang melalui investasi. Investasi tersebut dalam bentuk aset dan/atau tabarru’ yang memberikan pola pengembalian guna menghadapi adanya risiko tertentu melalui akad yang sesuai dengan syariah. Untuk itu, berikut ini jenis-jenis asuransi syariah yang berada di Indonesia sesuai dengan OJK.

Asuransi Jiwa Syariah

Sama seperti dengan namanya, produk asuransi tersebut memberikan manfaat yang berupa uang pertanggungan terhadap ahli waris. Apabila peserta telah meninggal dunia.

Asuransi Pendidikan Syariah

Untuk produk kedua, merupakan produk pendidikan syariah. Pasalnya produk asuransi tersebut akan memberikan dana pendidikan terhadap penerima hibah. Dalam hal itu anak yang sesuai dengan kesepakatan. Umumnya dana yang diberikan sesuai dengan jenjang pendidikan dari anak itu. Maka perlu Anda ketahui, bahwa manfaat asuransi itu tetap diberikan meskipun peserta dari asuransi itu telah meninggal dunia.

Asuransi Kesehatan Syariah

Jenis asuransi syariah di Indonesia berikutnya yaitu asuransi kesehatan syariah. Produk asuransi tersebut memberikan manfaat dalam bentuk santunan atau penggantian dana ketika peserta asuransi jatuh sakit atau mengalami kecelakaan. Tentunya yang memerlukan penanganan medis.

Asuransi Haji dan Umroh

Jenis asuransi tersebut memberikan sebuah perlindungan secara finansial untuk peserta umroh atau haji atas musibah yang bisa saja menimpanya ketika sedang menjalankan ibadah di tanah suci. Untuk produk asuransi haji telah diatur secara khusus dalam fatwa MUI yaitu Nomor 39/DSN-MUI/X/2022 tentang asuransi haji supaya pra jamaah mendapatkan ketenangan selama menunaikan ibadah ke tanah suci.

Asuransi Syariah Berkelompok

Selanjutnya produk perlindungan dini yang dibuat secara khusus bagi peserta kumpulan. Misalnya seperti komunitas, organisasi, atau perusahaan. Sama seperti namanya, jumlah dalam peserta asuransi tersebut akan lebih banyak daripada jenis asuransi syariah di Indonesia lainnya. Dengan adanya jumlah peserta yang banyak,. Maka nantinya premi yang perlu dibayarkan menjadi lebih murah daripada produk asuransi syariah yang individu.

Asuransi Kerugian Syariah

Jenis asuransi tersebut merupakan jenis asuransi yang akan memberikan ganti rugi terhadap peserta asuransi atas harta benda yang telah dipertanggungjawabkan.

Asuransi Unit Link Syariah

Perlu Anda ketahui, bahwa asuransi unit link syariah adalah jenis asuransi syariah di Indonesia yang bisa memberikan manfaat asuransi sekaligus dengan keuntungan investasi. Nantinya, sebagian dari premi asuransi yang telah dibayarkan. Akan dialokasikan guna dana tabarru’ serta sebagian lagi akan dialokasikan untuk individu.

Keunggulan Jenis Asuransi Syariah

Bukan hanya memahami sejumlah jenis dari asuransi syariah. Nantinya calon peserta juga dapat mengetahui keunggulan dari asuransi syariah. Maka, simak berikut ini keunggulan produk asuransi syariah yang tentunya tidak produk asuransi konvensional miliki.

Tidak Terdapat Sistem Dana Hangus

Keunggulan pertama dari asuransi syariah yaitu tidak terdapat dana yang hangus. Sehingga premi yang telah dibayarkan tidak akan hilang . Meskipun peserta tidak mengklaimnya ketika masa perlindungan tersebut.

Pengelolaan dana transparan

Perlu Anda ketahui, bahwa produk asuransi syariah juga mempunyai sistem pengelolaan dana yang transparansi. Apabila terjadi surplus underwriting. Nantinya pembagian nisbahnya bisa diberikan pada peserta dengan terbuka serta adil.

Pengelolaan Dana Sesuai Syariat Islam

Produk asuransi syariah mempunyai keunggulan lainnya dalam sistem pengelolaan dana yang sesuai syariah Islam. Antara lain memakai prinsip fiqh Islam serta menghindari judi, ketidakpastian, dan bunga atau riba.Dana investasi peserta asuransi juga tidak dapat diinvestasikan berupa saham dari emiten yang memiliki usaha jasa atau perdagangan yang menyalahi dari prinsip syariah.

Nah, itulah penjelasan mengenai jenis asuransi syariah di Indonesia. Bahkan beberapa keunggulan jika menggunakannya. Namun pemilihan produk asuransi kembali lagi kepada konsumen sesuai kemampuan serta kebutuhan Anda.