Kurangi Risiko di Masa Depan dengan Asuransi Kesehatan Syariah!

Asuransi kesehatan syariah mungkin bagi sebagian masyarakat sudah tidak asing lagi? Hal ini dikarenakan ada banyak orang yang membelinya dan tentunya untuk melindungi diri sendiri di masa depan. Namun sebenarnya memang ada banyak sekali jenis asuransi antara lain di dunia sekolah, pekerjaan, hingga kesehatan. Semua jenis asuransi tersebut juga sangat bermanfaat di masa depan, bahkan terkecuali asuransi kesehatan.

Sedangkan salah satu alasan kuat masyarakat membeli asuransi kesehatan adalah supaya suatu saat nanti dapat melindungi diri dari risiko penyakit yang kemungkinan terjadi di masa depan. Karena memang kesehatan juga akan menurun seiring berjalannya waktu, ditambah jika terjadinya kecelakaan. Oleh karena itu seseorang harus mempunyai sebuah asuransi kesehatan, supaya nantinya dapat menjadi sebuah jaminan saat terjadi sesuatu. Bahkan saat ini ada banyak sekali perusahaan asuransi yang lebih fokus ke masalah kesehatan, terutama mengenai asuransi syariah.

Kurangi Resiko di Masa Depan dengan Asuransi Kesehatan Syariah ini
pixabay.com

Ketahui Semua Hal Mengenai Asuransi Kesehatan Syariah

Produk asuransi syariah ini sangat banyak diperbincangkan oleh masyarakat kalangan muslim, terutama bagi mereka yang menginginkan produk investasi halal dan bersih dari perkara larangan Islam. Namun bagaimana perkembangan asuransi syariah di Indonesia? Silahkan kamu dapat menyimaknya di artikel berikut, untuk mengetahui semua hal terkait asuransi syariah ini.

Apa yang Dimaksud dengan Asuransi Kesehatan Syariah?

Prinsip asuransi kesehatan syariah ini mempunyai 2 akad, yaitu akad tijarah dan akad tabarru. Akad tijarah berarti semua bentuk kerjasama yang dilakukan untuk tujuan komersial, sedangkan akad tabarru berarti kerjasama yang dilakukan dengan tujuan tolong-menolong atau kebaikan.

Oleh karena itu semua produk asuransi syariah menggunakan 2 prinsip sekaligus, sehingga bebas dari perhitungan riba. Sedangkan asuransi kesehatan ini juga berarti menjamin risiko kesehatan dan tanggung jawab biaya pengobatan dunia dengan menggunakan prinsip syariah serta dalam penentuannya premi dari proses klaimnya.

Apa itu Takaful dalam Asuransi Kesehatan Syariah?

Sangat berbeda dengan asuransi konvensional, sebab asuransi ini juga mempunyai prinsip takaful. Dalam asuransi syariah ini, prinsip takaful sangatlah dipegang kuat dan erat. Prinsip takaful sendiri adalah sebuah sistem sharing risk, dimana berarti asuransi akan bekerjasama dengan para peserta asuransi untuk berbagi risiko. Selain itu ,perusahaan bertugas sebagai pengelola dana yang diberikan oleh peserta, sehingga kamu tidak perlu khawatir jika akan menggunakan asuransi ini.

Tujuan Asuransi Kesehatan Syariah

Karena pemerintah sudah menyetujui adanya asuransi syariah dengan peraturan yang jelas dan pengawasan ketat, maka hukumnya diperbolehkan berdasarkan Fatwa MUI asalkan dijalankan sesuai prinsip dan syariah Islam. Bahkan dengan adanya asuransi ini maka bertujuan untuk saling melindungi dan menolong, terutama di kalangan antara pemegang polis asuransi syariah. Upaya tersebut juga tercipta dengan adanya dana dari peserta yang dikelola oleh perusahaan dan nantinya dikembalikan sesuai dengan perjanjian.

Beberapa Manfaat dari Asuransi Kesehatan Bersifat Syariah

Karena memang juga ada banyak sekali peserta yang mengikuti asuransi jenis ini, tentu kamu sangat penasaran dengan manfaatnya bukan? Pembahasan tersebut dapat kamu simak melalui ulasan di bawah, silahkan disimak dengan seksama.

  • Akan adanya kemungkinan double claim untuk pembiayaan rumah sakit yang bekerjasama dengan BPJS, atau pihak asuransi dari perusahaan lainnya
  • Keuntungannya tetap meski peserta tidak mampu membayar premi per bulannya dan akan tetap mendapatkan manfaat sama seperti peserta lain
  • Akan mendapatkan pengawasan serta arahan dari pemerintah dan Dewan Syariah Nasional, supaya terjaga kehalalan sesuai dengan iklim ekonomi di Indonesia
  • Tidak akan ada riba sebab dana investasi jelas penggunaannya, serta diawasi langsung oleh Dewan Syariah Nasional
  • Terjaganya transportasi di dalam pengelolaan perusahaan, karena setiap peserta akan mempunyai hak milik atas dana yang telah disetorkan ke dalam perusahaan syariah tersebut
  • Tidak akan ada dana hangus sebab semua biaya premi telah dibayarkan selama masa pertanggungan dan akan dikembalikan jika masa tersebut sudah selesai.

Itulah detail informasi mengenai asuransi kesehatan syariah dan ternyata kamu dapat menggunakannya sebagai solusi di masa depan. Jangan lupa jika akan menggunakan sebuah jasa asuransi, silahkan pilih yang baik dan sudah terpercaya.


Posted

in

by

Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *